Masalah Utama Mengapa Sales Manager Gagal

Posted: 28 November 2010 in Uncategorized

Kegagalan akan selalu manusia hadapi di sepanjang perjalanan hidupnya. Namun demikian kegagalan bukanlah akhir dunia, melainkan sebuah proses baru menuju kehidupan yang lebih baik.

 

Di dunia Sales, kegagalan di dominasi oleh kesalahan yang dialami oleh individu itu sendiri yang berakibat pada kinerja tim. Berikut adalah masalah – masalah yang sering dialami oleh para Sales Manager dalam organisasinya.

 

Kurang Perhatian Pada Perekrutan Calon Sales Person

Kebanyakan Sales Manager banyak yang tidak mau terlibat dalam perekrutan calon sales person. Mereka biasanya mempercayakan perekrutan ini pada pihak HRD. Padahal untuk mendapatkan hasil terbaik di divisi sales dibutuhkan orang – orang yang punya kriteria khusus. Dan yang seharusnya mengetahui bakat – bakat khusus calon sales person ini adalah Sales Manager. Untuk itu sebenarnya dibutuhkan keterlibatan Sales Manager dalam perekrutan.

Kurang Perhatian Pada Sistem dan Proses Penjualan

Banyak Sales Manager yang hanya fokus pada hasil, pendapatan dan target. Tapi apakah mereka pernah mengajarkan pada sales personnya bagaimana cara untuk mendapatkan itu semua ? Inilah juga yang menjadi masalah mereka. Seharusnya saat menurunkan sales person ke pasar, para Sales Manager telah membekali mereka dengan jurus – jurus bagaimana cara mengenalkan diri, memberikan kesan positif dan cara membeli ( saya kenal, saya percaya, saya respek).

Kurang Pengetahuan Mengenai Membimbing dan Memonitor Sales Person Untuk Implementasi Proses & Sistem

Masalah Sales Manager tidak berhenti hanya pada tidak perhatian pada sistem dan proses penjualan tapi juga mereka tidak tahu bagaimana harus membimbing dan memonitor anak buah mereka mengenai implementasi proses dan sistem dalam dunia sales. Padahal membimbing dan memonitor adalah hal yang mutlak dilakukan oleh seorang Sales Manager agar menghasilkan anak buah yang cemerlang. Karena jika anak buah cemerlang maka managernya pun bisa dipastikan jauh lebih cemerlang. Dan ini pun akan berdampak pada kerja tim yang sukses dan pencapaian target yang sesuai seperti yang diharapkan.

Kurangnya Ketrampilan Untuk Menghadapi Segmentasi Pelanggan

Orang – orang yang terlibat dalam dunia penjualan adalah mereka yang paling banyak bertemu dengan orang. Karena itu dibutuhkan sebuah ketrampilan berkomunikasi yang baik. Nah karena sales selalu dikaitkan dengan pencapaian target, para Sales Manager ini terkadang lupa bahwa sales people harus mampu melakukan segmentasi ( status sosial, perilaku dan gaya bicara ). Ini ada kaitannya dengan mirroring. Bahwa kita harus dapat menyesuaikan diri kita dengan orang yang tengah kita prospek.

Kurangnya Perhatian Bagaimana Membedakan Suspect dan Prospek

Para Sales Manager seharusnya membekali para sales peoplenya dengan pengetahuan mengenai pembedaan antara Suspect ( pelanggan yang kemungkinan membelinya tinggi ) dan Prospek ( pelanggan yang baru saja ditawari ). Ini selayaknya diberitahukan agar anak buah tidak membuang – buang waktu dengan pelanggan yang tidak ada keinginan untuk membeli.

Masalah – masalah diatas memang sering ditemui. Namun diharapkan dengan menyadari kesalahan tersebut, belum terlambat untuk memperbaikinya menjadi lebih kreatif, peka dan tanggap akan apa yang dibutuhkan pasar dan kemampuan anak buah kita.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s